Rektorat ITBADLA dan Ketua BPH Itbadla bersilaturahmi dengan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah dalam acara Darul Arqam Top Manager Zona 5 Jawa 3

Muhammadiyah, organisasi Islam terbesar di Indonesia, kembali menegaskan pentingnya integrasi risalah agama dengan ilmu sains dalam memajukan peradaban Islam. Hal ini terungkap dalam acara Darul Arqam Top Manager Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Zona 5 Jawa 3 yang berlangsung sejak 27 Juni lalu.

Pimpinan dan jajaran Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan (Itbadla) ikut serta dalam acara Darul Arqam Top Manager Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Zona 5 Jawa 3 di kota Malang, Jawa Timur.

“Kemajuan Islam tidak lepas dari integrasi risalah agama dengan ilmu sains,” ujar Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Saad Ibrahim, dalam pembukaan acara. Ia mencontohkan kontribusi Ibnu Sina, ilmuwan Muslim abad pertengahan, dalam ilmu kedokteran modern dengan landasan Islam.

Ibrahim menjelaskan bahwa Muhammadiyah terus menggalang upaya untuk menyatukan pemikiran dan memperkaya basis keilmuan dengan menggabungkan agama dan sains. Hal ini sejalan dengan tuntutan Alquran yang mengutamakan literasi dan pemahaman holistik terhadap ilmu pengetahuan.

Diskusi dalam acara tersebut juga menyoroti masa keemasan Islam pada masa Bani Abbasiyah, di mana ilmuwan seperti Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, dan Habash Al-Hasib mewarnai dunia ilmu pengetahuan.

Khudzaifah Dimyati dari Muhammadiyah menekankan perlunya universitas-universitas di bawah naungan Muhammadiyah untuk mewujudkan ideologi yang inklusif dan dinamis. Ia mendorong universitas-universitas tersebut untuk memperluas pengaruh internasional mereka melalui penelitian ilmiah yang terpublikasi.

“Konsolidasi ideologi Muhammadiyah menjadi tanggung jawab seluruh jamaah,” tambah Bachtiar Dwi Kurniawan. Ia menekankan pentingnya memperkuat komitmen Muhammadiyah dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPH Itbadla, Bapak H. Subagiyo dan Rektor Itbadla, Dr. Hj. Mu’ah, M.M., M.Pd, bertemu dengan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. Bapak H. Subagiyo menyampaikan kemajuan pembangunan gedung baru Kampus Itbadla dan program belajar di itbadla yang terus berkembang. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah tersebut sangat mengapresiasi kemajuan tersebut.

ITBADLA, kampus teknologi dan bisnis di bawah naungan Muhammadiyah, berkomitmen untuk terus mengintegrasikan risalah agama dengan ilmu sains dalam upaya memajukan peradaban Islam. Hal ini sejalan dengan visi Muhammadiyah untuk membangun masyarakat Islam yang berkemajuan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *