Siap Mengabdi! Mahasiswa ITBADLA Ikuti Pembekalan KKN 2024

Lamongan, 5 Juli 2024 – Semangat mengabdi dan jiwa sosial terpancar dari para mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan (ITBADLA) yang mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024. Acara pembekalan yang digelar pada Jumat, 5 Juli 2024, di Ruang Aula ITBADLA, menjadi awal persiapan bagi mereka untuk terjun langsung ke masyarakat di Kecamatan Sugio.

Kecamatan Sugio akan menjadi lokasi KKN ITBADLA 2024, yang meliputi sepuluh desa yaitu Lawangan Agung, Daliwangun, Deket Agung, Gondang Lor, Kalitengah, Sidobogem, Kedungdadi, Pangkatrejo, Kedungbanjar, dan Supenuh. Setiap desa akan menjadi fokus bagi kelompok mahasiswa untuk melaksanakan berbagai program pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Ketua Pelaksana KKN ITBADLA 2024, Dadang Wiratama, SE., M.SE.I, dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi, komunikasi yang baik, dan adaptasi dengan masyarakat setempat dalam mewujudkan KKN yang sukses. “Jaga integritas dan selalu berorientasi pada solusi nyata untuk membantu masyarakat,” pesan Dadang kepada para peserta.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITBADLA, Ika Purwanti, S.Pd., MM, menambahkan bahwa KKN bukan hanya tentang pengabdian, tetapi juga pembelajaran. “Mahasiswa harus mampu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan memberikan kontribusi nyata yang berkelanjutan,” jelasnya.

M. Dzikri Abadi, S.Th.I., ME, memaparkan tahapan pelaksanaan KKN yang terdiri dari lima tahap utama, yaitu persiapan dan pembekalan, penerjunan peserta KKN, pelaksanaan KKN, monitoring dan evaluasi, serta penarikan dan pelaporan. Dzikri menekankan pentingnya setiap tahapan untuk memastikan kelancaran dan efektivitas program KKN.

Membahas tentang Monev Gelar Produk KKN ITBADLA 2024, Imtinan Widhah Kumala, S.T.P., MM, menjelaskan kriteria penilaian yang meliputi ide produk, produk, desain kemasan, dan pemasaran digital. “Ide produk harus memecahkan masalah, inovatif, layak finansial, dan memiliki potensi pasar. Keempat kriteria ini akan menjadi dasar dalam mengevaluasi keberhasilan program KKN tahun ini,” jelas Imtinan.

Dengan semangat dan kesiapan yang tinggi, mahasiswa KKN 2024 ITBADLA diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dan memberdayakan masyarakat melalui berbagai program unggulan yang telah dirancang. Mari dukung para mahasiswa dalam menjalankan tugas mulia ini, untuk menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan di Kecamatan Sugio.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *